Sitename

Description your site...

Saturday 27th May 2017

Akibat Ijazah Palsu, Isu Pemberhentian Rektor Unima Heboh

Akibat Ijazah Palsu, Isu Pemberhentian Rektor Unima Heboh
Rektor Unima Julyeta Runtuwene (Kiri). Stenly Ering (Kanan). (Foto: RL)

TONDANO, CSN – Isu tentang ijazah palsu Rektor Universitas Negeri Manado (Unima), Prof Dr Julyeta Paula Runtuwene kini kembali didengungkan. Beredar isu dikalangan civitas akademika Unima bahwa Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir akan memberhentikan Runtuwene dari jabatannya sebagai Rektor Unima. Hal tersebut disebabkan karena Runtuwene diduga mengantongi ijazah palsu Strata III (S3).

Rumor tentang ijazah S3 palsu milik Runtuwene sudah beredar sejak pertama kali Runtuwene terpilih menjadi Rektor Unima. Menurut seorang tenaga pengajar Unima yang juga sebagai pihak pelapor, Stenly Ering mengatakan bahwa pemberhentian Runtuwene tinggal menunggu waktu. Ering juga mengatakan bahwa dirinya mengantongi bukti-bukti kuat terkait ijazah palsu Runtuwene. Saat ini proses verifikasi ijazah Runtuwene sedang berlangsung di Ombudsman RI dan Kemenristekdikti.

“Ini memang sudah sangat lengkap sekali. Memang palsu ijazahnya (Runtuwene) Bos. Buktinya sudah sangat lengkap. Kalau tidak ada halangan, bersangkutan segera akan diberhentikan. Karena fakta sudah jelas,” ucap Ering saat dihubungi media. Ering meyakini bahwa dengan bukti-bukti yang digenggamnya itu bisa membuktikan ijazah S3 milik Runtuwene adalah palsu. Ering juga mengaku telah beberapa kali bertemu dengan beberapa pejabat Kemenristekdikti juga dengan Menristekdikti Mohammad Nasir.

Dengan begitu, Ering sangat meyakini bahwa Runtuwene bisa diberhentikan oleh Menristekdikti akibat masalah ijazah palsu tersebut. Selain itu, Ering juga berjanji akan membuka kepada publik semua bukti yang menyatakan ijazah S3 Runtuwene adalah palsu. “Saya sudah bawa ke Media Indonesia dan Kompas. Karena timing ini sudah tepat. Memang sudah mau diberhentikan dia. Tinggal menunggu waktu saja. Bukti-buktinya segera saya akan sebarkan,” tegas Ering.

Sementara, usaha sejumlah awak media mencoba melakukan konfirmasi kepada Runtuwene via ponsel tidak berhasil. Pasalnya, nomor ponsel milik Runtuwene yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan awak media saat ini tidak lagi aktif. Ditempat terpisah, Kepala Hubungan Masyarakat Unima Jonly Tendean tidak berada di tempat namun berhasil dihubungi via ponsel. Tendean hanya bungkam ketika ditanyakan soal kebenaran isu pemberhentian Rektor Unima oleh Menristekdikti. (Leon)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply