Sitename

Description your site...

Saturday 11th November 2017

Unsrat Gelar Kuliah Umum, Prof Kumaat Tonjolkan Manfaat “Public Awareness”

Unsrat Gelar Kuliah Umum, Prof Kumaat Tonjolkan Manfaat “Public Awareness”

Manado, CSN – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dibawah kepemimpinan Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, menggelar studium generale atau tradisi khas kehidupan Kampus-kampus di Eropa dan Amerika. Studium generale, lebih tepatnya kuliah umum ini, berlangsung di gedung rektorat Unsrat Manado, Kamis (04/05).

Suasana di kuliah umum Unsrat

Suasana di kuliah umum Unsrat

Seperti diketahui, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, semakin penting dilaksanakan di Perguruan-perguruan Tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Selaras dikatakan Prof Kumaat sapaan akrab Rektor Unsrat ini, bahwa kuliah umum sangat penting di laksanakan untuk menambah wawasan baru yang aktual dan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. “Penerapan studium generale sangat penting di dunia kampus,” cetusnya.

Dalam kuliah umum ini, Prof Kumaat pun menjelaskan tentang manfaat Public Awareness (Kesadaran Publik) terhadap kesehatan. Menurutnya, kesehatan di Indonesia di sadari bahwa wilayah Negara kita memang tergolong rawan terhadap bencana baik fenomena alam maupun man-made disaster (bencana buatan manusia).

“Salah satu upaya preventif adalah Public Awareness, hal yang sangat penting dan strategis diterapkan. Artinya, manusialah yang harus sadar dan mampu membuat perubahan,” papar Prof Kumaat.

Dengan kata lain, problem lingkungan hidup berakar dari aktifitas manusia serta pola konsumsi dan produksi yang berlebihan membuat kehilangan kelestarian alam dan perubahan iklim. Untuk itu, kualitas lingkungan hidup sangat bergantung pada tingkat pengetahuan, sikap, nilai dan praktik yang dilakukan oleh umat manusia. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendidikan lingkungan hidup akan membantu dalam meciptakan sikap, kepedulian, perhatian dan perilaku yang ramah terhadap lingkungan.

Sementara itu, dalam sambutan asisten deputi pencegahan dan penanggulangan penyakit Drg Naalih Kelsum, bahwa Mahasiswa perlu di perkaya untuk dapat memiliki paradigma kesehatan yang komprehensif agar mampu berperan dalam penanganan isu-isu kesehatan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, menurut Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan M Rudy Mokoginta, bahwa salah satu misi pembangunan Pemerintah Sulut yakni mewujudkan Daerah Sulut sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Tampak hadir di kegiatan ini, guru besar Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Aminsoebandrio, Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Prof Dr Jimmy Posangi, Kesmavet Institut Pertanian Bogor Dr drh Trioso Purnawarman, perwakilan Kementerian Kesehatan, perwakilan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, drh Afri W Rangkuti, serta Mahasiswa-mahasiswi Unsrat. (inimdo)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply