Sitename

Description your site...

Friday 6th October 2017

Acara Puncak KKT-115 Unsrat, Djamaluddin: Banyak Hal Luar Biasa Terjadi

Acara Puncak KKT-115 Unsrat, Djamaluddin: Banyak Hal Luar Biasa Terjadi

Acara puncak Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan 115 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado berlangsung semarak dan sarat akan nilai kekeluargaan di Gedung Auditorium Unsrat, Jumat (18/8/2017). Acara digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsrat, dengan bertujuan untuk menutup kegiatan KKT-115 secara kebersamaan.

Dalam keterangannya kepada pewarta KomunikaSulut, Koordinator Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata Terpadu (P3KKNT) Unsrat, Dr. Ir. Rignolda Djamaluddin, M.Sc, mengatakan, “Acara puncak digelar supaya ada kebersamaan yang terjadi di antara mahasiswa dan panitia sampai akhir kegiatan KKT-115 Unsrat. Kegiatan sengaja dikemas dalam karya mahasiswa supaya mereka bisa menyalurkan bakat dan kehebatannya di panggung ini. Serangkaian lomba yang digelar semata-mata untuk menunjukan karya mahasiswa,” ujarnya.

“Acara ini bukan tentang menang atau kalahnya peserta yang ikut, tapi soal bagaimana mengapresiasi diri sendiri. Karena semua mahasiswa pada dasarnya sudah menang di desa masing-masing,” tambahnya.

Banyak hal luar biasa yang terjadi di KKT-115 Unsrat, lanjut Djamaluddin, di antaranya Unsrat satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan program tematik pembuatan website dan simdes desa.  Setelah mahasiswa meninggalkan desa, LPPM akan terus membantu perangkat desa dalam mengoperasikan program tersebut. Selain itu, baru kali ini ada duta KKT selama pelaksanaan KKT Unsrat. Duta KKT bertugas untuk mempromosikan berbagai hal tentang KKT Unsrat.

Saya menyimpulkan, ada tiga hal yang didapat mahasiswa selama mengikuti kegiatan KKT-115 Unsrat. Pertama, sebagai pemaknaan hidup untuk menjadi manusia yang lebih baik dalam konteks mahasiswa. Kedua, sebagai proses melukis diri institusi untuk menyempurnakan kebanggaan institusionalnya. Dan ketiga, sebagai pembuktian dharma pengabdian.

Hal umum yang terjadi saat ini, desa di Indonesia belum memiliki database – jika dilihat dari demografinya – dan potensi desa. Kami menduga ketiadaan tersebut menyebabkan banyak kegagalan (Pungli) dalam pengelolaan dana desa. Oleh karena itu, kita ingin database tersebut diperbaiki. Kami berharap pembuatan website desa dan simdes bisa membuka isolasi di desa, sehingga potensi desa bisa diidentifikasi kemudian di promosikan.

Sampai kini, 1072 desa telah dijangkau KKT Unsrat. Dengan konversi penduduk sebanyak 400 jiwa disetiap desa, bisa dijumlahkan sudah ada 448.800 jiwa telah terdampak KKT Unsrat sejak saya berada di LPPM pada tahun 2015.

Rangkaian kegiatan acara puncak KKT-115 Unsrat, sebagai berikut:

  • Pemutaran opening video.
  • Sambutan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA.
  • Sambutan P3KKNT Unsrat, Dr. Ir. Rignolda Djamaluddin, M.Sc.
  • Pemutaran film berjudul Memori.
  • Pemilihan Putra-Putri KKT-115 Unsrat.
  • Pengumuman pemenang lomba foto terunik KKT-115 Unsrat.
  • Pengumuman pemenang lomba foto potensi unggulan desa.
  • Pengumuman pemenang lomba video potensi desa.
  • Pengumuman pemenang lomba posko terbaik.
  • Pengumuman Dosen Pengawas Lapangan (DPL) terbaik.
  • Talent show (Menyanyi, Tarian Daerah, Pidato, Puisi, dll).

Setelah melalui proses seleksi dan sesi tanya jawab juri, Kevin Simbo (Mahasiswa Fakultas Hukum) dan Morena Sumolang (Mahasiswa Fispol) terpilih menjadi Duta KKT-115 Unsrat.

Acara dihadiri Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, Ketua LPPM Unsrat, Dr. Ir. Inneke Rumengan, M.Sc dan jajaran, Panitia KKT-115 Unsrat, Alumni KKT-111, 112, 113, 114 Unsrat, dan delegasi peserta KKT-115 Unsrat dari seluruh wilayah penempatan. Kecuali 5 peserta KKT Kebangsaan di Gorontalo, mereka akan kembali pada tanggal 23 Agustus 2017 sesuai jadwal penarikan. (KomunikaSulut)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply