kendaraan hias Amerika.jpg
Kendaraan hias Amerika Serikat. (foto istimewa)

Tomohon, (cybersulutnews.com)- Tournament of Flower (ToF) atau parade kendaraan hias (float) di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Rabu (08/08) hari ini, begitu mengundang perhatian masyarakat internasional dan lokal.

Ada 36 kendaraan hias atau float memulai parade di jalan utama Kota Bunga, julukan bagi Kota Tomohon tersebut.

Menariknya, dari data yang ada pada ivent ToF 2012 yang merupakan bagian dari kegiatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 itu, selain negara Adidaya Amerika Serikat yang ikut serta, juga ada negara Korea Utara (Korut) yang diketahui merupakan negara tertutup terutama di mata internasional.

Turis Mancanegara saat mengabadikan peserta lain berupak kesenian Sulut yang ikut meramaikan ToF 2012. (foto Ist)
kendaraan hias korea utara.jpg
Kendaraan hias Korea Utara.(foto istimewa)


Akan tetapi pada ToF 2012 ini, negara berpaham Komunis (Korut,red) yang merupakan rival tak pernah akur dengan negara tetangganya Korea Selatan (Korsel) yang didukung Amerika Serikat tersebut, ikut meramaikan kegiatan parade kendaraan hias. Anehnya, Korsel yang selama ini dinilai sebagai negara terbuka, justru tak hadir meramaikan ivent ToF di Tomohon.

"Wah, menarik seperti apa kendaraan hias dari negara Korea Utara itu. Dan ini merupakan sesuatu yang baik bagi ToF, sebab Amerika Serikat dan Korea Utara bisa sepanggung bersama di Tomohon dan ini jarang sekali atau langka terjadi," ungkap Ardiansa Tucunan, pengamat sosial kemasyarakatan Sulut, tak lain merupakan dosen pasca sarjana Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Drs Gerardus Mogi mengatakan kebenaran dari 36 Float atau kendaraan hias, dimana Amerika Serikat, Prancis, Korea Utara, Filipina ikut serta dalam parade itu. (maria wolajan)














 
CyberSulutNews
CyberSulutNews Allrights Reserved @2012
Powered by CyberSulut News